Kemenag Tanggamus Gelar Pelatihan Manasik Haji Tahun 2024



Tanggamus (MB), - Diikuti 335 calon jemaah haji ,Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus menggelar pelatihan Manasik Haji Tahun 1445 H/2024 di Masjid Islamic Center Kota Agung.Rabu,24 April 2024.


Acara ini menjadi tahap awal bagi para calon jemaah haji untuk mempersiapkan diri secara spiritual dan praktis menjelang pelaksanaan ibadah haji.


Kegiatan dibuka langsung oleh PJ Bupati Tanggamus, Ir. Mulyadi Irsan, M.T dan  menyampaikan pesan penting kepada peserta manasik yang didukung narasumber K.H. Wahid Zamas dari PBNU dan H. Saiful Arfan M.Pd dari pengurus IPHI Kabupaten, memberikan wawasan mendalam kepada para calon jemaah haji.


Para calon jemaah Haji dengan seksama dan hikmat mengikuti dan mendengarkan apa yang disampaikan oleh PJ Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan. Pj.Bupati secara khusus berpesan kepada panitia haji agar memberikan perhatian ekstra kepada jemaah haji yang sudah lanjut usia, dengan mendorong mereka didahulukan saat menaiki kendaraan bus.


Mulyadi Irsan juga menekankan pentingnya pemahaman dan ketaatan terhadap aturan yang telah ditetapkan oleh pihak terkait, termasuk ketua rombongan team kloter. Hal ini bertujuan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan seluruh calon jemaah haji.


"Kita ingin hari ini kedepan nanti 335 orang calon jemaah haji dari Tanggamus diberikan kemudahan, kelancaran, dan kesehatan dalam melaksanakan ibadah haji baik rukun, dan wajib haji," kata Mulyadi Irsan, sembari memohon doa kepada masyarakat Tanggamus agar para calon jemaah haji tersebut diberikan kemudahan dan kelancaran oleh Allah SWT.


Di tempat yang sama, Kasi Haji Kementerian Agama Tanggamus, Drs. H. Nursaad, M.M.,M.Pd, menjelaskan bahwa peserta kegiatan bimbingan manasik haji adalah seluruh calon jamaah haji yang telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji dengan jumlah peserta 335 orang serta memberikan informasi tentang rincian peserta, termasuk yang tertua dan termuda serta asal daerah mereka.


"Calon jemaah haji 2024 harus memiliki pengetahuan tentang pencalonan jemaah haji dan ketrampilan manasik haji itu sendiri," tandas Nursaad.


Ketua Kloter Haji Tanggamus, Nurzaman, S.Pd. M.Pd.I juga mengungkapkan harapannya agar para jemaah haji diberikan kesehatan dan kesuksesan dalam melaksanakan ibadah haji. 


Nurzaman memohon doa kepada seluruh masyarakat Tanggamus agar para jemaah haji tersebut dapat kembali ke rumah dalam keadaan sehat walafiat.


Semoga para calon jemaah haji ini mendapatkan kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan ibadahnya, serta menjadi haji yang mabrur mabruroh.


Acara tersebut turut dihadiri oleh berbagai tokoh dan pejabat, termasuk Kepala Kantor Kementerian Agama Tanggamus, Kadis Kesehatan, Ketua MUI Tanggamus, Kepala KUA dan Kepala Madrasah se-Kabupaten Tanggamus, Pimpinan KBIHU, dan calon Haji.(Red). 



0/Post a Comment/Comments