Bandar Lampung (MB),- Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 Provinsi Lampung dan Hari Konsumen Nasional Tahun 2024, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung menggelar Bazar UMKM dan Pasar Murah Lampung Berjaya pada 24-28 April 2024, di Lapangan Korpri, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Bandar Lampung, Rabu (24/04/2024). 

Pembukaan Bazar UMKM dibuka oleh Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari Arinal ditandai dengan pengguntingan pita di Entry Gate Bazar, didampingi jajaran Kepala Dinas terkait dan dilanjutkan dengan peninjauan booth UMKM.

Dalam sambutannya, Riana menjelaskan bahwa Dekranasda Provinsi Lampung terus mendorong sektor Perindustrian dan Perdagangan menjadi salah satu sektor yang sangat potensial dalam terwujudnya capaian Visi dan Misi Pemerintah Provinsi Lampung. 

"Sehingga sektor ini harus terus didorong dan   dikembangkan agar potensi yang dimilikinya   dapat dimanfaatkan secara optimal sebagai  penopang perekonomian daerah mengingat kontribusi para UMKM terhadap perekonomian daerah cukup besar," ujarnya. 

Riana berharap kegiatan semacam ini akan terus meningkat pada tahun-tahun yang akan datang,  baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Riana juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak dari jajaran Pemerintah Provinsi Lampung dan instansi vertikal terkait, serta para pelaku usaha UMKM dari 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Bazar UMKM dan Pasar Murah Lampung Berjaya Tahun 2024 ini.

"Semoga kegiatan yang kita laksanakan ini bermanfaat bagi masyarakat banyak," ujar Riana. 


Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Pemerintah Provinsi Lampung Evie Fatmawaty menjelaskan bahwa pelaksanaan Bazar UMKM dan Pasar Murah Lampung Berjaya sebagai salah satu upaya untuk memfasilitasi pelaku UMKM di Provinsi Lampung mempromosikan produk yang dihasilkan agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. 

Evie menuturkan bahwa terdapat beberapa komoditas di Pasar Murah yang telah disubsidi oleh Pemerintah Provinsi Lampung melalui Disperindag. 

"Antara lain, Beras Tani Jaya dijual dengan harga Rp54.500,-/5 Kg, Gula Pasir Rp15.000,-/Kg, Telur Ayam Rp25.000,-/Kg, serta Minyak Goreng Domus Jaya Rp12.500,-/Liter, serta terdapat 126 Peserta Bazar UMKM yang mengikuti kegiatan Bazar UMKM ini," jelas Evie. 

Dalam acara ini, juga dilakukan pembagian 100 bingkisan kepada ojek online maupun offline secara simbolis kepada 20 penerima oleh Ibu Riana. (Adpim)