Cegah Banjir, Pemkot Bandar Lampung Gelontorkan Dana Rp2 Miliar Bersihkan Drainase dan Gorong-Gorong


Bandar Lampung - Dinas Pekerjaan Umum Bandar Lampung, menggelontorkan dana sekitar Rp2 miliar untuk membersihkan drainase dan gorong-gotong disejumlah wilayah di Bandar Lampung.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bandar Lampung, Iwan Gunawan mengatakan, dana tersebut dilakukan untuk mengantisipasi banjir saat memasuki musim hujan.




"Kami juga setiap harinya menurunkan petugas, untuk membersihkan saluran drainase dan gorong-gorong di Bandar Lampung," kata Iwan Gunawan, Jumat (1/12/2023).

Menurutnya, banjir yang sering terjadi di Bandar Lampung disebankan karena saluran drainase dan gorong-gorong tersumbat sampah atau sedimen yang sudah banyak. 



"Biasanya di dalam saluran drainase kami temukan bantal, kasur, ban, dan sampah lain yang dapat menyumbat, sehingga itu perlu dibersihkan,” ujar Iwan Gunawan.



Selain itu, saluran drainase di jembatan layang atau flyover di Jalan Gajah Mada juga tersumbat oleh sediman, sehingga menimbulkan genangan saat terjadi hujan lebat. Namun hal itu sudah dibersihkan dan sudah lancar kembali.

"Untuk menjaga keamanan drainase, kami sudah meminta lurah dan camat agar menghimbau warganya, saat hujan tidak dekat-dekat dengan saluran air, untuk antisipasi terbawa arus dalam drainase," ujar Iwan Gunawan.

Kemudian warga juga bisa melaporkannya ke camat atau lurah setempat, jika terdapat saluran drainase yang tersumbat. Nanti petugas Dinas Pekerjaan Umum langsung diturunkan sesuai laporan masyarakat. (***)

0/Post a Comment/Comments