Ketua TP PKK Hadiri Pembinaan Kegiatan PKK Tingkat Kabupaten Di Kecamatan Kedondong



Pesawaran(MB) - Sinergitas Pembangunan baik secara fisik maupun non-fisik seperti Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan hidup, Ekomomi dan Sosial budaya harus kita padukan dengan terus meningkatkan Sosialisasi, Komunikasi dan edukasi kepada Masyarakat agar visi dan misi Kabupaten Pesawaran dapat terwujud.

"Untuk itu, saya berharap kepada seluruh Elemen terkait untuk terus meningkatkan kinerja di Lapangan agar Generasi  kita kedepan menjadi Generasi Berencana, Cerdas dan Berakhlak mulia, sehingga Keluarga Mandiri, Makmur dan Sejahtera dapat terwujud di Kabupaten Pesawaran,"


Sampai Bupati Kabupaten Pesawaran' Dendi Ramadhona K,S.T., M.Tr.I.P dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekretaris daerah(Sekda) saat membuka acara "Pembinaan Kampung KB Terpadu dan Pembinaan Kegiatan-Kegiatan PKK tingkat Kabupaten Pesawaran Tahun 2023 di Desa Harapan jaya Kecamatan Kedondong.Rabu,08 Februari 2023.


Hadir dalam kegiatan acara, Ketua beserta anggota TP PKK Kabupaten Pesawaran, para Pejabat Struktural di lingkup Pemkab Pesawaran, Camat beserta jajaran Uspika Kecamatan Kedondong, Ketua TP PKK Kecamatan Kedondong beserta Anggota, para Kepala desa se Kecamatan Kedondong, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan para kader sekecamatan Kedondong.


Dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekda kab Pesawaran Sunyoto,Bupati Dendi mengatakan,;


"Atas nama Pemerintahan Daerah Kabupaten Pesawaran saya menyambut baik dan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada segenap Panitia atas terselenggaranya kegiatan pada hari ini. Ucapan terima kasih juga sampaikan kepada seluruh Masyarakat Desa Harapan jaya Kecamatan Kedondong dan seluruh hadirin yang hadir pada hari ini dalam rangka Pembentukan dan Pembinaan Kampung Keluarga berkualitas Tahun 2023.


Visi yang hendak dicapai dalam tahapan pembangunan jangka panjang Daerah Kabupaten Pesawaran adalah "Pesawaran lebih maju dan sejahtera dengan Masyarakat yang Produktif". Hal ini sangat selaras dengan Program pembinaan kampung KB terpadu yang akan kita laksanakan yaitu Pembinaan dilaksanakan secara terpadu lintas Sektor ditingkat Desa melalui Program Pembangunan keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana( Bangga Kencana) dan pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan  keluarga yang berkualitas." Beber Dendi.


Lanjutnya. Kampung KB merupakan salah satu Inovasi strategis dalam Program kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan keluarga secara utuh dan terintegrasi, harus dikelola dan diselenggarakan oleh, dan , untuk Masyarakat ditingkat Desa dan Dusun dalam mewujudkan keluarga yang berkualitas. Konsep Kampung KB ini memudahkan dalam memadukan lintas Program yang hendak kita capai, terutama dalam meningkatkan kualitas hidup Sumber Daya Manusia. Oleh karena itu, Saya berharap kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Pesawaran hendaknya melakukan dan melaksanakan koordinasi lintas sektor, agar tujuan pembangunan tersebut dapat tercapai. "Tutup Bupati Dendi dalam sambutan tertulisnya.


Sementara itu. Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran, Nanda Indira Dendi. S.E.,M.M dalam sambutannya menyampaikan."


Kampung KB(Keluarga Berkualitas) merupakan satuan wilayah setingkat desa, dimana terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensinya guna meningkatkan kualitas sumber daya Manusia.


"Dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber daya Manusia dan memberdayakan serta memperkuat institusi keluarga melalui optimalisasi penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas di setiap desa, maka diharapkan dapat dibentuk dan dikembangkan Kampung Keluarga Berkualitas, baik secara kuantitas di setiap desa maupun secara kualitas, dengan semakin bertambahnya klasifikasi Kampung Keluarga Berkualitas pada tingkat mandiri berkelanjutan."Kata Nanda.


Lanjutnya. Hal itu selaras dengan Intruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berencana Berkualitas mendukung keterlibatan lintas sektor di kampung Keluarga Berkualitas dengan mensinergikan Program dan kegiatan dari Kementrian/Lembaga berbasis desa. Salah satu strategi penyelenggaraan Kampung Berkualitas adalah penintegrasian program pembangunan Sumber Daya Manusia berbasis Keluarga."jelasnya.


Ditambahkan olehnya. PKK sebagai Organisasi Kemasyarakatan yang memberdayakan Wanita untuk berpartisipasi dalam Pembangunan, mempunyai tugas membantu Pemerintah dalam pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan Keluarga. Melalui 10 program Pokok kerjanya, PKK telah banyak  berperan dalam pembangunan keluarga dan Masyarakat, mulai dari tingkat Dasawisma, Rukun tetangga, Dusun, Desa sampai ketingkat Nasional. "Imbuhnya.


Terakhir Nanda juga menyampaikan harapannya  kepada kepala desa agar dapat memprioritaskan Program  percepatan penurunan stunting dengan dukungan Dana desa.


"Dalam rangka pemenuhan gizi bagi Remaja calon pengantin, ibu hamil, ibu nifas Anak Baduta dan Anak Balita. Saya juga berharap kepada Tim Penggerak PKK desa agar mengoptimalkan kegiatan tentang pola asuh terhadap anak dan pemberian asupan makanan bergizi. dan kepada para Kepala desa agar dapat memprioritaskan Program percepatan penurunan stunting dengan dukungan dana desa. "Tutup Nanda.


(Alfi)



0/Post a Comment/Comments