Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Nataru 2023 Polres Pesawaran Polda Lampung



Pesawaran (MB), -Kepolisian Resort Pesawaran melaksanakan rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka kesiapan Operasi Lilin Krakatau 2022 serta pengamanan Perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) Mulai tanggal 23 Desember 2022 hingga 02 Januari 2023.


Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo, S.I.K., M.Si (Han) melalui Kabag Ops Kompol Maryanto, S.H., M.H menyampaikan rapat koordinasi lintas sektoral ini, selain kesiapan Operasi Lilin Krakatau 2022 juga pengamanan Natal dan Tahun Baru, rencana sasaran pengamanan diantaranya terdapat 1 (satu) Pos Pelayanan, 5 (lima) Pos Pengamanan serta terdapat 46 (empat puluh enam) Gereja, dan 6 (enam) Rumah Pribadi yang dijadikan tempat ibadah.


"Karena itu, mengingat ini merupakan tugas kemanusiaan, sasaran pengamanannya hal tersebut yang perlu diantisipasi mulai dari Kerawanan Kamtibmas, Kemacetan dan Teror dari Kelompok Radikalisme, serta bencana alam yaitu gempa banjir dll, apalagi sekarang untuk Covid 19 sudah level 1, mengingat tempat wisata sudah dapat dibuka akan tetapi perlu kita monitor," jelas Kompol Maryanto.


Kasatlantas Polres Pesawaran AKP Martoyo, S.I.P., M.H juga menambahkan, di tahun ini sangat atensi karena tahun kemarin ada pembatasan, terlebih sudah dibebaskan masyarakat untuk mudik, khusus mobil barang nanti akan dibatasi mulai dari tanggal 22 Desember 2022 dari pukul 05.00 Wib sampai dengan pukul 22.00 Wib, bila tahun baru kemarin tidak terjadi kemacetan karena dibatasi, sedangkan tahun baru kali ini akan terjadi kepadatan.


"Khusus di ketapang kita antisipasi kendaraan yang menginap, jangan sampai terjadi kehilangan kendaraan yang nanti kita sampaikan kepada petugas parkir. Selain dari itu juga terdapat Pospam yang dibutuhkan tujuh (7) Pospam, satu (1) Pos Pelayanan (Posyan) ditambah tiga (3) Pospam di Pantai dan tiga (3) Pospam di Tegineneng," terangnya.


Masih Kasat Lantas menambahkan, termasuk mengantisipasi Jalan Tol akibat adanya kendaraan kehabisan bahan bakar dan pecah ban, mengingat puncak arus mudik pertama yaitu tanggal 22 s.d 24 Desember 2022, sedangkan arus balik yaitu tanggal 25 s.d 26 Desember 2022.


"Puncak arus mudik kedua jatuh pada tanggal 29 s.d 31 Desember 2022, sedangkan puncak arus balik kedua yaitu tanggal 1 s.d 2 Januari 2023. Intinya adalah kita antisipasi jalur tempat wisata yang nantinya mohon bantuan Dishub dan Sat Pol PP," ucapnya.


Sementara itu, Plt. Asisten 1 Kabupaten Pesawaran M. Zuriadi berharap pengamanan Natal dan Tahun Baru ini perlu ditingkatkan dari tahun sebelumnya, meski ini kegiatan rutin tahunan karena ada beberapa kekurangan saat pelaksanaan tahun kemarin. Oleh sebab itu perlu diperbaiki namun demikian juga harus tahu masing-masing apa yang akan dilaksanakan, bukan hanya lalu lintas yang kita amankan.


"Akan tetapi ada tempat-tempat yang perlu kita amankan mulai dari tempat ibadah, pasar maupun tempat wisata, apabila terjadi kemacetan yang perlu kita ambil tindakan segera. Selain itu juga Protokol Kesehatan perlu diberlakukan kembali. Disamping ada petugas kesehatan yang berada di Pospam, harus ada dokter ataupun perawat sewaktu-waktu ada masyarakat yang butuh bantuan harus kita layani," kata dia lagi.


Komandan Brigade Infanteri (Danbrigif) 4 Marinir/BS Kolonel Marinir Bob Osianto Siregar diwakili Dankima Yonif 9 Marinir Kapten Mar Sodikin menyampaikan pada intinya Brigif akan membantu pelaksanaan Operasi Lilin Krakatau Tahun 2022, serta pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.


"Mohon izin kami disini mewakili Danbrigif yang sedang ke Jakarta, tentu hasil rapat koordinasi lintas sektoral ini akan kami sampaikan juga kepada pimpinan apa yang perlu di koordinasikan," ujar Kapten Mar Sodikin.


(Alfi / Sumber Humas Polres)

0/Post a Comment/Comments