TMMD Ke_114 Didesa Babakan Loa Selesai Tepat Waktu


Pesawaran (M9G)  - 
Semangat kebersamaan dan gotong royong merupakan warisan budaya yang sudah terpelihara dengan baik sejak lama. Hal ini di katakan oleh Danrem 043/Garuda Hitam Brigjen TNI Ruslan Effendy, S.I,P, saat menutup kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) di Lapangan Tritura Kecamatan Kedondong, Rabu (24/8/2022). 



Mengawali sambutannya Danrem 043/Garuda Hitam Brigjen TNI Ruslan Effendy, S.I,P berikan pesan agar tidak mudah terhasut, terprovokasi dan peliharalah dengan baik hasil TMMD agar manfaatnya dinikmati masyarakat dalam waktu yang cukup lama.


"Kepada para prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD dengan selesainya kegiatan ini, agar segera kembali ke induk Pasukan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan" ucap

Danrem 043/Garuda Hitam ini.


Diketahui dalam giat  acara tersebut dihadiri Bupati Pesawaran, Kapolres Pesawaran, Kepala Kejaksaan Negri Pesawaran, Para Pejabat Pemerintah daerah, Camat Kedondong, Para Kepala Desa dan  peserta upacara serta segenap tamu undangan lainnya.



Lanjutnya, Kegiatan upacara penutupan TMMD ke-114 Tahun anggaran 2022 diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kebersamaan serta kemanunggalan antara TNI dan Rakyat, dalam mengakselerasi Program Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. 


"Kegiatan TMMD ini dimulai sejak tanggal 26 Juli sampai tanggal 24 agustus 2022, selama kegiatan ini berlansung Prajurit maupun dengan Pemda dan masyarakat saling bahu membahu untuk menyelesaikan Program TMMD.  Kebersamaan ini merupakan Sinergitas yang positif dalam mengatasi permasalahan bangsa, Khususnya membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan di Wilayah Bumi Andan Jejama" jelasnya. 


Selain itu, sambungnya, sebagai Kepala Staf Angkatan Darat dan selaku penanggung jawab Operasional TMMD, Danrem 043/Garuda Hitam Brigjen TNI Ruslan Effendy, S.I,P, juga

menyampaikan terima kasih yang pada semua pihak dan elemen masyarakat yang sudah membantu secara moril dan materil hingga kegiatan TMMD dapat terselenggara dengan aman dan lancar. 


"Program TNI Manunggal Membangun Desa(TMMD) dimulai sejak tahun 1980 an dengan sebutan ABRI masuk Desa(AMD). Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD yang telah berlangsung selama 42 tahun ini semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Mengingat sebagian besar wilayah indonesia merupakan daerah pedesaan, sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah, masih sangat dibutuhkan" katanya. 



Tak hanya itu, Brigjen Ruslan Effendy, S.I,P, menyampaikan lagi, 

Program TMMD ke 114 tahun 2022  dilaksanakan di wilayah KODIM 0421/Lampung Selatan di Desa Babakan Loa, Kecamatan Kedondong,.adapun kegiatan itu ialah melakukan sasaran fisik berupa Pembangunan dan perbaikan Infrastruktur. Perbaikan lapis pondasi agregat kelas B panjang 500 meter, lebar 3 meter dan tebal 15 cm,. 


"Selain itu,  TMMD melakukan pembangunan jalan rabat beton  panjang 1093 meter lebar 3 meter dan tebal 15 cm dan pembuatan 1 unit gorong-gorong plat beton panjang 4 meter lebar 1,5 Meter tinggi 2 meter, dan Sasaran tambahan berupa pembuatan 1 unit Sumur Bor. urainya.


Sedangkan pencapaian sasaran Program  fisik itu juga di imbangi dengan pencapaian sasaran non fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang wawasan kebangsaan, penyuluhan bela negara, penyuluhan Siskamling, penyuluhan bahaya Narkoba, penyuluhan bahaya penularan Covid-19, Stunting Posyandu dan Posbindu, Penyakit tidak menular. pungkasnya.


Sementara Kepala Desa babakan loa, A. Rosyid, menyampaikan ucapan terima kasih dengan telah dilaksanakannya Program TMMD yang Ke 114 oleh kodim 0421 Lampung selatan di desanya.


"Saya atas nama seluruh warga masyarakat desa babakan loa, mengucapkan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada TNI, Pemerintah daerah dalam hal ini Bapak Bupati dan semua fihak yang turut berperan serta sehingga terlaksananya pembangunan di desa kami ini, insya allah kami akan menjaga dan merawatnya" janji Kades.


Selain itu, A. Rosit menjelaskan lagi, atas nama warga masyarakat Desa Babakan loa, selama kurun waktu kurang lebih satu bulan kita bersama - sama.


" Kalau ada hal-hal yang kurang berkenan dihati, baik itu prilaku, maupun ucapan, saya mewakili warga masyarakat mohon untuk dimaafkan" tutupnya.


Ditempat yang sama Bupati pesawaran' Dendi Ramadhona, saat diwawancarai oleh pewarta seusai meninjau hasil pengerjaan Rabat beton di dusun dua Talang baru desa babakan Loa, berharap' Sinergi tersebut agar bisa selalu diwujudkan dan dilanjutkan secara terus menerus dalam berbagai hal.


"Sinergi antara Kodim 0421/LS dengan Pemerintah dibantu Polri dan masyarakat dapat terus berlangsung dengan baik. Tuntasnya pembangunan betonisasi jalan di Desa Babakan Loa adalah bukti bahwa sinergi dapat terwujud dan bisa dilanjutkan secara terus menerus di Kabupaten Pesawaran, ujar Dendi.


Bupati juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak, sehingga kegiatan TMMD 114 Kodim 0421/LS dapat terlaksana dengan baik dan selesai tepat waktu. Mudah-mudahan hasil dari TMMD ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Tutupnya.



Penulis : Alfi.

0/Post a Comment/Comments