Wali Kota Metro Pastikan Sembako Aman Hingga Lebaran

Metro – Wali Kota Metro, Wahdi Sirajuddin, memantau langsung harga dan ketersediaan sembilan bahan pokok (sembako) di wilayahnya menjelang lebaran tahun 2022.

Kegiatan pemantauan sembako ini berlangsung di Pasar Margorejo dan Pasar Kopindo, Metro, Lampung, hari Kamis, 28 April 2022.

“Hasil dari pemantau yang saya lakukan bersama forkopimda di Pasar Margorejo dan Pasar Kopinda, untuk ketersediaan sembako dipastikan aman menjelang lebaran tahun 2022,” ucapnya disela-sela kegiatan.

Wahdi menjelaskan, terdapat beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan harga dan itu masih dalam tahap kewajaran dikala menjelang hari besar keagamaan.

“Kenaikannya masih wajar dan tidak fluktuatif atau tidak tiba-tiba tinggi. Naiknya perlahan, misal dihari-hari biasa itu Rp 120-130 ribu dan sekarang mencapai Rp 136 ribu,” jelasnya.

Dalam kegiatan pemantauan langsung kali ini, ia memperoleh data yang cukup menarik dan perlu di kebangkan lagi.

“Hampir seluruh kue yang dijual di pasar itu merupakan produksi lokal, bukan dari luar daerah. Jika itu bisa dikembangkan lagi maka akan mendukung program Metro Bangga Beli (MB2), itu sebenarnya yang kami harapkan,” imbuh Wahdi.

Menurutnya, 40 persen pasar di DKI Jakarta berasal dari Lampung, sehingga Lampung bisa dikatakan sebagai penyuplai beberapa bahan pokok di daerah lain.

“Kalau kita lihat di aplikasi nasional seperti daging ayam, sapi, dan telur, justru di pasar kita ini harganya lebih murah. Mungkin itu yang membuat mereka berbelanja kebutuhan pokok di Lampung,” kata Wahdi. (*)

0/Post a Comment/Comments