Pekon Podosari Melaksanakan Rapat Koordinasi Rutin Bulanan Kader Posyandu dan PKK


Pringsewu (M9G),- Pemerintah Desa Podosari  menyelenggarakan kegiatan rapat koordinasi kader POSYANDU bulanan.Kegiatan dimulai pukul 10.00 WIB bertempat di Balai Desa Podosari Kecamatan Pringsewu, Peserta yang hadir sejumlah 61 kader Posyandu dan lansia.(4/5/2024)


Dalam sambutannya Rasmin, Kepala Pekon Podosari menyampaikan bahwa kegiatan POSYANDU merupakan kegiatan rutin bulanan yang bertujuan diantaranya yaitu memantau pertumbuhan berat badan, memberikan konseling gizi serta memberikan pelayanan gizi dan kesehatan dasar.


"Sedangkan kader POSYANDU merupakan anggota masyarakat yang dipilih, mau dan mampu bahkan secara sukarela untuk menangani pelayanan POSYANDU secara rutin,"katanya .


Untuk tahun ini Kepala Pekon Podosari, Rasmin memberikan hadiah kepada para kader yang tertib administrasi juara 1 kader Nusa Indah Satu,  juara 2 kader posyandu lansia dan juara 3 kader posbindu  tujuan pemberian hadiah ini agar kader lebih semangat lagi.


Pada kesempatan ini rakor kader diisi pembinaan mengenai tata cara POSYANDU yang benar baik itu secara pelaksanaan maupun secara administrasi, dan nanti akan dipandu oleh Ibu Ratnasih sebagai sub BPKBD dan bidan Desa Pekon Podosari ibu Eflin.


Ibu Ratnasih  menyampaikan bahwa kader POSYANDU merupakan perpanjangan tangan Puskesmas dalam memantau tumbuh kembang anak dan berperan aktif untuk menciptakan generasi muda yang sehat dan lebih produktif tanpa stunting.


"Kegiatan peningkatan kapasitas kader POSYANDU seperti ini sangatlah penting untuk memberikan pengetahuan tentang tugas dan peran kader POSYANDU, sehingga diharapkan kedepan pelayanan posyandu akan lebih baik,"katanya.


Perlu diketahui Kader POSYANDU memiliki tugas diantaranya :


1. Memberitahukan hari dan jam POSYANDU kepada masyarakat.

2. Menyiapkan peralatan untuk penyelenggaraan POSYANDU seperti buku catatan dan alat-alat.

3. Menyiapkan PMT.

4. Melakukan pendaftaran bayi, balita, ibu hamil (untuk POSYANDU balita), pendaftaran lansia (untuk POSYANDU lansia).

5. Melakukan penimbangan, ukur tinggi badan, ukur lingkar kepala (untuk POSYANDU balita).

6. Mencatat penimbangan dan hasil kegiatan.

7. Melakukan penyuluhan perorangan kepada ibu-ibu di meja IV.

8. Melakukan kunjungan rumah untuk melakukan penyuluhan khususnya pada ibu hamil, ibu yang mempunyai bayi dan pasangan usia subur.


Selain penyampaian materi, Ibu Ratnasih juga mengajarkan bagaimana cara pengisian buku-buku administrasi yang harus dilengkapi di kegiatan POSYANDU.(Delta/red)

0/Post a Comment/Comments