Bogor (MB, - Demi menciptakan Lingkungan yang bersih dari Penyalahgunaan Narkoba, Ketua P4GN UNSIKA Dr Ilyas, sebagi narasumber dalam kegiatan Diskusi Penggiat P4GN (Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika), di Yayasan Rehabilitasi Narkoba, Graha Mirai Indonesia, Caringin , Kamis (7/12/2023). 


Diskusi Penggiat P4GN yang di selenggarakan oleh Yayasan Graha Mirai Indonesia ini diikuti oleh seluruh Pengurus Yayasan serta Masyarakat Penggiat Anti Narkoba. Kegiatan tersebut merupakan bentuk pengembangan pengetahuan dan kemampuan P4GN kepada calon penggiat P4GN dalam menciptakan lingkungan yang bersih dari Penyalahgunaan Narkoba. 


Diskusi mengusung tema “Aspek Hukum Dalam Pencegahan P4GN”. Dr Ilyas Ketua P4GN UNSIKA Karawang memaparkan materi terkait sosialisasi dan penyuluhan penyalahgunaan Narkoba, deteksi dini,pembentukan Tim Relawan Anti Narkotika, lingkungan Bersinar, rehabilitasi dan pasca rehabilitasi.


“Kegiatan ini merupakan bentuk pengembangan pengetahuan dan kemampuan P4GN kepada calon Penggiat P4GN dalam menciptakan lingkungan kerja yang bersih dari Penyalahgunaan Narkoba," Ucap Dr Ilyas. 


Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan di akhiri dengan foto bersama.


Yayasan Graha Mirai Indonesia sebagai salah satu lembaga rehabilitasi komponen masyarakat merupakan pusat rehabilitasi narkotika bagi para korban penyalahgunaan maupun pecandu narkotika dengan sarana dan prasarana pelayanan terpadu.


Menurut Herbert Fathon Ketua Yayasan Graha Mirai Indonesia, yayasan ini dikelola secara mandiri dalam rangka mendukung upaya pemerintah dalam program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Pemberantasan Gelap Narkotika (P4GN).


“Yayasan Graha Mirai Indonesia berdiri dengan tujuan untuk memulihkan pecandu narkoba, serta membina orang yang sudah ketagihan menggunakan narkoba, dan orang yang telah terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba. Agar dapat kembali hidup normal serta dapat kembali bekerja dan berproduktif,'" ungkap nya. 


Lebih lanjut ia menjelaskan manfaat rehabilitasi kecanduan narkoba bagi pengguna di antaranya adalah dapat meningkatkan rasa percaya diri, mengurangi rasa nyeri, merangsang produksi neurotransmitter seperti serotonin dan dopamin yang berpengaruh positif pada perilaku, serta meningkatkan daya tahan tubuh terhadap efek buruk dari zat-zat aditif.


“Program rehabilitasi narkoba adalah sebuah program yang memberikan layanan kesehatan jiwa bagi mereka yang telah mengalami kecanduan akibat penyalahgunaan narkoba,juga untuk membantu para pengguna narkoba dalam mengatasi masalah-masalah yang timbul akibat penyalahgunaan narkoba, sehingga mereka bisa kembali hidup bermasyarakat,” pungkas nya. (SJ/rls)