Bawaslu Kabupaten Tanggamus Bersama Lembaga Profesi Wartawan Jalin Sinergitas Dalam Pengawasan Pemilu 2024


Tanggamus (MB), -- Bawaslu Kabupaten Tanggamus bangun Sinergitas bersama Lembaga profesi wartawan dalam pengawasan Pemilu tahun 2024 mendatang, acara berlangsung di Hotel Gisting , Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus.Sabtu,02 Desember 2023.


Acara tersebut di hadiri Komisioner Bawaslu Kabupaten Tanggamus, Panwaslu , Kecamatan se Kabupaten Tanggamus Dewan Pengawas Pemilu (DPP) dan Lembaga profesi wartawan se Kabupaten Tanggamus. 


Ketua Bawaslu Tanggamus, Najih Mustopa mengatakan, Bawaslu Kabupaten Tanggamus memiliki personal yang sangat terbatas hanya 5 komisioner tingkat Kabupaten,  3 tingkat kecamatan, 1 tingkat pekon, dan  ditambah 1 untuk tingkat TPS yang direkrut, dengan terbatasnya personil tersebut tentu kami  sangat membutuhkan dukungan dari berbagai stakeholder, baik masyarakat dan termasuk peran serta media  sangat kami butuhkan. 


"Dengan adanya rapat koordinasi Bawaslu dan Lembaga profesi wartawan yang ada di Kabupaten Tanggamus berharap bisa saling bersinergi supaya pelanggaran pemilu tahun 2024 mendatang dapat kita awasi secara bersama sama,"kata Najih Mustopa.


Lanjutnya ,jika wartawan menemukan adanya dugaan pelanggaran yang di lakukan oleh peserta pemilu baik itu Capres cawapres dan caleg baik DPR RI DPD RI ,DPRD Provinsi mau pun DPRD Kabupaten , rekan rekan media bisa langsung  mendokumentasikan melalui foto maupun  video dan konfirmasi langsung yang bersangkutan, dan bisa di muat dalam pemberitaan.


"Tak hanya media,masyarakat pun bisa melapor ke Bawaslu.Jika masyarakat menemukan pelanggaran yang di lakukan oleh peserta pemilu pasti kita tindak lanjuti, dan jika benar ada unsur pelanggaran yang di lakukan maka akan kita tindak sesuai pelanggaran yang di lakukan, kalau ada unsur pidana kami Bawaslu akan kerja sama dengan pihak penegak hukum dalam hal ini Kepolisian dan Kejaksaan,'tegasnya.


Supaya terciptanya pemilu bersih pengawasan dari semua komponen itu sangat kami butuhkan , mengingat personel Bawaslu sangat terbatas, pada intinya peran media dalam pengawasan sangat penting untuk menunjang kinerja Bawaslu.


"Saran kritikan dan masukan dari media menjadi bahan evaluasi Bawaslu ke depan dan kami juga berterimakasih atas kehadiran teman teman wartawan yang hadir pada acara rapat koordinasi sinergitas Bawaslu dan Lembaga media di Kabupaten Tanggamus,"pungkasnya.


(Rls)

0/Post a Comment/Comments