Grebek Hasil Bumi Menjadi Salah Satu Daya Tarik dalam Festival Budaya Way Ratai


Pesawaran(M9G)-, Kegiatan Festival budaya yang ke 2 di Kecamatan Way ratai diisi dengan berbagai macam kegiatan diantaranya kegiatan Sosial yakni Donor darah yang diadakan di Saung Singgah Way Ratai yang beralamatkan di desa Wates Way ratai, lomba Hadroh yang digelar di Lapangan desa Wates, Grebek Hasil bumi, lomba nasi tumpeng, Bazar UMKM, karnaval kostum dan Kuda lumping dan akan ditutup dengan Sholawat bersama.

Diketahui Festival Budaya adalah menjadi Agenda tahunan bagi Masyarakat dan Pemerintahan desa Sekecamatan Way ratai. Dan pada kali ini Kegiatan Festival budaya diadakan dengan beberapa kegiatan dan dilaksanakan selama kurang lebih Tiga hari dengan beberapa kegiatan.

Dalam sambutan nya Ketua Panitia Pelaksana Misbah yang diwakili oleh Kepala desa Mulyo sari, Saipudin, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Panitia pelaksana yang sudah bekerja dengan tanpa mengenal lelah demi terlaksananya Kegiatan pestival budaya yang kedua di kecamatan Way ratai.




"Saya mewakili Ketua Panitia menyampaikan ucapan terima kasih kepada rekan-rekan Panitia yang selama kurang lebih satu bulan ini sudah bekerja siang malam tanpa mengenal lelah, dan juga ucapan terima kasih kami sampaikan kepada seluruh Masyarakat sekecamatan Way ratai yang sudah ikut berpartisipasi demi terlaksananya kegiatan kita ini." Ujar Saipudin.

Dikatakan oleh Saipudin, Kegiatan ini akan kami laksanakan dalam setiap tahun, dan akan kami anggarkan dalam setiap tahunnya untuk Pelaksanaan kegiatan seperti ini. Dan ini didukung oleh 11 desa yang ada di Kecamatan Way ratai, dan semua ini tentunya tidak terlepas dari dukungan dan bimbingan dari Bapak Bupati kita. Untuk itu kami minta kepada Pemerintah dukungan serta bimbingannya kepada kami agar kedepannya pelaksanaan kegiatan ini jadi lebih baik lagi." Harapnya.

Bupati Kabupaten Pesawaran H.Dendi Ramadhona dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan Sunyoto S.E. M.M menyampaikan ucapan permohonan maaf kepada Panitia dan seluruh Masyarakat Kecamatan Way Ratai atas ketidak hadirannya ditengah-tengah Masyarakat  kec Way ratai, karna adanya hal yang tidak bisa ditinggalkan dan diwakilkan.

Dikatakan oleh bupati, Sebagai mana kita ketahui bahwa Festival Budaya Way Ratai ini tidak saja meriah, namun juga khas dan menarik, yang menampilkan Kreativitas masyarakat dan Inovasi para pecinta seni dan budaya. Sejak dimulainya Festival ini, berbagai kegiatan telah dan akan dilaksanakan berupa Kegiatan Donor darah, Lomba Hadroh, Pameran UMKM, Lomba nasi tumpeng, Grebek hasil bumi, festival kostum, Penampilan kuda kepang sampai dengan kegiatan Way ratai bersholawat bersama Al habib Umar Bin Muhdor Al Hadad yang akan diselenggarakan pada Minggu malam nanti. Semua kegiatan itu tentunya akan menjadi salah satu magnet bagi Masyarakat dan Wisatawan untuk berkunjung kesini." Kata Bupati.

Lanjutnya. Untuk itu, melalui kesempatan ini saya ingin menyampaikan ucapan selamat, Terima kasih dan Penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Badan Kerjasama Antar Desa(BKAD) Kecamatan Way Ratai, Panitia Penyelenggara, para Seniman dan Budayawan, serta kepada segenap Masyarakat Way Ratai atas terselenggaranya Festival Budaya Way Ratai yang meriah dan penuh makna ini. Semoga ikhtiar dalam melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya ini menjadi Wujud partisipasi dan wujud kebersamaan guna membangun Masyarakat Pesawaran yang hebat dan bermartabat melalui bidang seni, budaya dan pariwisata." Harap Bupati.

Terakhir Bupati Mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjadikan budaya sebagai marwah dari perilaku kehidupan, khususnya bagi diri Masyarakat Kecamatan Way ratai, kapan dan dimana pun berada. Dengan demikian, kegiatan ini bukan hanya menjadi sebuah kebanggaan bagi kita semua maupun sebagai aktualisasi adat budaya dalam sebuah pertunjukan, namun juga melambangkan bahwa Pesawaran adalah tempat yang nyaman, indah bersahabat bagi semua orang." Tutup Bupati.

Turut hadir dalam kegiatan, Bupati Kabupaten Pesawaran yang diwakili oleh Asisten 1 bidang Pemerintahan, Sunyoto, SE.MM, Ketua DPRD Kabupaten Pesawaran Suprapto beserta Anggota, Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran hj Nanda Indira Dendi, SE.MM, beserta Wakil dan Anggota, Porkopimda, Para Kepala OPD Lingkup Kabupaten Pesawaran, Camat Way ratai beserta Ibu TP PKK kecamatan Way ratai beserta Anggota, Usfika Kecamatan Way ratai, UPT Sekecamatan Way ratai, Para Kepala desa beserta Ketua TP PKK Desa sekecamatan Way ratai, Para Panitia dan Masyarakat sekecamatan Way ratai serta tamu undangan lainnya. (Alfi) 

0/Post a Comment/Comments