Bupati Pesawaran Himbau Kades Siapkan Diri Menjelang Pemilu


Pesawaran(M9G)–, Bupati Pesawaran menghimbau kepada para Kepala Desa untuk menyiapkan diri sejak dini dalam menyikapi situasi dan kondisi menjelang Pemilu 2024 mendatang. 

Hal itu disampaikan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona saat memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi Kepala Desa Se - Kabupaten Pesawaran di Aula Pemkab Pesawaran, Senin (06/11/23). 

Bupati Dendi mengatakan pada Pemilu mendatang, terdapat potensi gangguan terhadap penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat. Tak hanya itu perlindungan masyarakat juga akan meningkat sangat tajam. 

“Untuk itu saya berpesan agar kepala Desa dapat memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk senantiasa proaktif melakukan pengamatan situasi dan kondisi di wilayah tempat tinggal masing -masing dalam rangka deteksi dan cegah dini terhadap potensi gangguan ketentraman dan ketertiban umum,” ucap Bupati Dendi. 

Ia menambahkan Rapat Koordinasi ini merupakan bentuk komunikasi sinergi untuk pelaksanaan pemerintahan yang optimal. 

“Yaitu pelayanan kepada masyarakat dan sebagai fasilitasi permasalahan-permasalahan di desa dengan Dinas/Badan/Kantor terkait,” imbuh Dendi. 

Orang nomor satu di Kabupaten Pesawaran berharap kepada Kepala Desa, bahwa dalam menyelenggarakan pemerintahan desa terutama dalam menyusun anggaran desa hendaknya dapat menumbuhkembangkan sikap terbuka atau transparansi. 

“Terbuka baik kepada masyarakat maupun kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan pada setiap akhir tahun anggaran Kepala Desa juga wajib menyampaikan LKPJ sebagai bentuk pertanggung jawaban kepada BPD,” imbuh Dendi. 

Lebih lanjut Dendi berpesan kepada jajaran Pemerintah Desa, untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Dirinya menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten mendelegasikan kewenangannya kepada Camat dan Kepala Desa untuk mengoptimalkan kinerja terutama dalam hal prioritas pembangunan.

Hadir juga Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran, Asisten Pemerintah dan Kesra, para Pejabat Struktural di lingkup Pemkab Pesawaran, para Camat dan para Kepala Desa se-Kabupaten Pesawaran.

Alfi.



0/Post a Comment/Comments