Atasi Sampah, Wali Kota Eva Dwiana Tambah Armada Kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup


Bandar Lampung - Mengoptimalkan kerja dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandar Lampung, Pemkot menambahkan unit armada kebersihan terbaru berupa 9 truk dan 16 pickup. Kendaraan tersebut nantinya akan digunakan untuk operasional pengangkutan sampah di Kota Bandar Lampung. 

Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana mengatakan, saat ini jumlah mobil yang tersedia dari DLH sekitar 75 unit. “Mudah-mudahan dengan penambahan unit baru ini tidak ada lagi sampah-sampah yang bertebaran di Kota Bandar Lampung,” kata Eva Dwiana, pada Senin (27/11/2023).

Tak hanya itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung juga memberikan 22 kendaraan dinas berupa motor kepada kepala UPT DLH Bandar Lampung. Kendaraan dinas ini diberikan dengan tujuan untuk memudahkan pemantauan sampah hingga masuk gang.

“Kepala UPT diberikan kendaraan dinas agar bisa keliling dan berkolaborasi dengan lurah, serta camat untuk mengatasi sampah di Bandar Lampung,” terangnya.

Sementara itu, Kepala DLH Bandar Lampung Budiman P Mega mengatakan, untuk pengadaan 22 motor, 16 pickup dan 9 truk dianggarkan Rp7,2 miliar pada APBD perubahan. Menurutnya, mobil baru ini digunakan untuk mengganti mobil yang rusak sedang.

“Total mobil pengangkut sampah ada 115 unit tapi yang layak 75 unit, yang lainnya rusak berat dan sudah dilakukan penghapusan. Jadi dengan bertambahnya mobil baru ini untuk mengganti mobil rusak sedang,” jelasnya.

Lebih lanjut, Budiman berkomitmen akan terus menambahkan mobil pengangkut sampah agar tidak ada lagi sampah yang tidak diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bakung. “Idealnya mobil pengangkut sampah di Bandar Lampung ada 150," terangnya. (***) 

0/Post a Comment/Comments