Gelar Musdes Perencanaan Pembangunan 2024 Pekon Tanjungnom Utamakan Skala Perioritas



Tanggamus (MB) ,- Pemerintah Pekon Tanjunganom , Kecamatan Kotaagung Timur , Kabupaten Tanggamus  menggelar Musyawarah Desa (Musdes) tentang penyusunan RKP tahun anggaran 2024. Kegiatan berlangsung di Balai Pekon setempat.Kamis,5 Oktober 2023.


Disampaikan Kepala Pekon Tanjunganom  Sumardi, bahwa musyawarah desa (Musdes) menjadi acuan dan pedoman dalam pelaksanaan kegiatan dan program pembangunan di pekon. Dimana peran aktif tokoh masyarakat tokoh pemuda serta masyarakat dalam setiap kegiatan-kegiatan musyawarah dibutuhkan untuk memberikan masukan, koreksi, maupun usulan-usulan pembangunan pekon.


"Untuk anggaran tahun 2023 ada beberapa rencana pembangunan pekon hasil musyawarah dusun yang nanti akan diakomodir di tahun 2024 mendatang, baik itu pembangunan infrastruktur maupun kegiatan pemberdayaan masyarakat hingga ketahanan pangan,” ungkap Kakon Sumardi.


Di sini pemerintah pekon, selalu berusaha semaksimal mungkin untuk menjaring aspirasi dan mengakomodir semua usulan warga dari beberapa dusun yang ada di pekon Tanjunganom, yang kemudian melalui musyawarah desa (Musdes) menjadi skala  prioritas yang kemudian bisa direalisasikan.


“Saya berharap apapun usulan nya akan kami tampung dan jika belum bisa terealisasi tahun ini kiranya bersabar karena  mengutamakan skala perioritas sesuai kebutuhan .Dan berharap Pekon Tanjunganom  akan semakin baik dan lebih maju lagi kedepannya,"Kata Sumardi.




Sementara Sekcam Kotaagung Timur,Ependi,S,E , dalam sambutannya menghimbau kepada peserta musdes bahwa apapun yang diusulkan dan yang direalisasikan harus kita terima dengan ikhlas.Jangan sampai ada omongan yang kurang pas jika ada usulan yang belum terealisasi,karena mengutamakan skala prioritas kecuali anggarannya besar itu bisa di penuhi semua.


"Tentunya usulan yang akan direalisasikan merupakan usulan yang masuk dalam skala prioritas sesuai kebutuhan.Mudah-mudahan anggaran di Pekon Tanjung Anom akan lebih besar dari tahun sebelumnya.Tentunya ada beberapa bidang yang harus kita isi semua,diantaranya anggaran untuk usulan stunting yang memang luar biasa untuk Pekon Tanjunganom,dan  bisa dibilang anggarannya paling besar di Kecamatan Kotaagung Timur ,itu semua untuk kebutuhan kesehatan warga nya.Dan perlu di perhatikan juga, majunya suatu daerah atau pekon itu karena banyaknya para pemikir yang memiliki ide gagasan membangun  dan didukung pemerintah desa yang mempunyai banyak warna,"pungkas  Ependi,S.E, Sekcam Kotaagung Timur.



Perlu di ketahui hasil musdes ada beberapa usulan skala prioritas RKP (Rencana Kerja Pekon ) Pekon Tanjunganom tahun anggaran 2024 yaitu:


1.Paving Block dan Gorong-gorong dusun 02

2.Jembatan Gang Erlangga.

3.Rabat Beton Dusun 04

4.TPT Dusun 05

5.Drainase jalan Sidorejo dusun 05

6.Drainase jalan lingkar II Dusun 04

7.Rehabilitasi Gedung Keserasian

8.Sarana Dan Prasarana TPA

9.Ternak Kambing 

10.Budidaya Magot

11.Pengelolaan Sampah

12.Pencegahan Narkoba

13.Pembinaan Pemuda dan Olah Raga.



Kegiatan Musyawarah Desa (Musdes) dihadiri oleh perwakilan Pemerintah Kecamatan Kotaagung Timur , Pendamping Desa,Badan Himpun Pekon (BHP), jajaran aparatur pekon, LPM, Tim Penggerak PKK, Karang Taruna, Linmas, Pendamping Desa, Bidan Desa,tokoh agama dan tokoh masyarakat.

(BWM/*)

0/Post a Comment/Comments