Meriahkan Hari Jadi Kabupaten Pesawaran ke-16 dan HUT-RI ke 78 Desa Banjaran Pacer Gelar Lomba Kebersihan Dan Jalan Sehat



Pesawaran (MB) ,-  Dalam rangka  memeriahkan HUT- Kabupaten Pesawaran ke 16 dan menyambut HUT-RI ke 78 tahun, warga Desa Banjaran Kecamatan Padang Cermin, antusias sangat luar biasa mengikuti rangkaian kegiatan jalan sehat.Sabtu,5 Agustus 2023.


Antusias warga terlihat sangat luar biasa, dimulai dari menghias lingkungan desa dan mengikuti kegiatan jalan sehat.


Uniknya tata cara untuk kegiatan jalan sehat di Desa Banjaran adalah tidak seperti jalan sehat di tempat-tempat lain. Yang mana untuk peserta jalan sehat tidak ada satu pun yang memegang kupon undian disaat start, tetapi kupon diberikan oleh Panitia kepada Peserta di pos yang telah ditentukan yakni di Pos 3 tepatnya simpang pak Rahim. Sebelumnya peserta juga di pos 2 mendapatkan pembagian kue snack dan minuman dan yang terakhir di pos 4 peserta menyerahkan kupon kepada panitia untuk dipotong dan dimasuk kan kedalam kotak untuk diundi.


Hadir pada acara jalan sehat yang digelar oleh Pemdes Banjaran di kantor Desa Banjaran, Kepala desa Banjaran, Camat Padang Cermin, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Banjaran, Aparatur Pemerintahan Desa Banjaran, Mahasiswa  KKN dari IAIN Metro dan UIN Bandar Lampung, serta para peserta jalan sehat dari berbagai elemen masyarakat Desa Banjaran.


Kepala Desa Banjaran, Hamzah, dalam sambutannya, mengatakan bahwa hari ini adalah kegiatan jalan sehat jadi kita harus berupaya untuk sehat. Kegiatan kita adalah dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Pesawaran yang ke 16 dan HUT-RI ke 78 tahun. 

"Jadi kita memeriahkan  kegiatan ini dengan jalan sehat. Saya minta kepada adik-adik dan semua peserta jalan sehat agar benar-benar santai jangan terburu-buru.Terselenggaranya jalan sehat ini adalah berkat kerjasama dari semua Aparatur Pemerintahan Desa Banjaran dan semua Elemen Masyarakat. Untuk itu kami atas nama Panitia memohon maaf bila dalam kegiatan ini banyak terdapat kekurangan disana-sini,"kata  Hamzah.


Camat Padang Cermin, Asnawi Mahadaka dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada Pemerintahan Desa Banjaran yang telah turut serta memeriahkan hari jadi Kabupaten Pesawaran yang ke 16 tahun dan Hari ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia  ke 78 tahun.

" Kami atas nama pemerintahan Kecamatan Padang Cermin mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintahan Desa Banjaran serta seluruh elemen masyarakat yang sudah turut serta berpartisipasi memeriahkan hari jadi Kabupaten Pesawaran yang ke 16 tahun dan HUT-RI ke 78. Semoga kedepannya kegiatan serupa ditahun-tahun yang akan datang tetap terlaksana," Ujar Camat.


Terakhir Camat juga berpesan,untuk para peserta jalan sehat, diharapkan agar kita mengikuti jalan sehat ini betul-betul sehat, jangan buru-buru dan saling berdesak-desakan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.


Selain jalan sehat, Desa Banjaran juga mengadakan lomba kebersihan dan Kerapihan antar dusun. Dan untuk Pemenang Lomba kebersihan antar dusun juara pertama kembali diraih oleh Dusun 5 yakni dusun Timbul Harjo dengan perolehan nilai Akumulasi 267,5 dari penilaian kebersihan 90, keindahan dan kerapihan 98, Toga 70 dan jarak 9,5. Adapun untuk juara kedua diraih oleh dusun 4 yakni dusun Sidorejo dengan Perolehan Nilai Akumulasi 257 terdiri dari penilaian kebersihan 80 keindahan dan kerapihan 96 Toga 70 jarak 11. Juara ketiga dusun 3 yakni dusun Banjar sari dengan perolehan nilai Akumulasi 237, kebersihan 75 keindahan dan kerapihan 76 Toga 76 dan jarak 10. Untuk juara harapan 1 diraih oleh dusun 6 yakni dusun Rante rejo 3 dengan perolehan nilai 235 dengan rincian untuk kebersihan 75 keindahan dan kerapihan 89, toga 64 dan jarak 7. Kepada para pemenang lomba juara 1, 2 dan 3 selain dana pembinaan juga diberikan tropi Piala.


Kepala Dusun Timbul Harjo Selvia Margareta, yang meraih juara Pertama lomba antar dusun kepada pewarta menyampaikan bahwa kemenangan yang diraih oleh dusunnya adalah untuk yang kedua kali nya.

"Untuk mempertahankan kemenangan ini adalah hal yang sulit yang mana saya dan Warga dusun Timbul Rejo harus bisa menanamkan jiwa semangat dan gotong royong dan peduli terhadap lingkungan khususnya di dusun Timbul Harjo, dan semoga menjadi suri tauladan bagi dusun-dusun lainnya untuk memajukan Desa Banjaran," Ucap Selvia.


Ditempat yang sama, Mahasiswa KKN dari IAIN Metro yang tergabung dalam KKN Melayu Serumpun, Fajar dan Meka Novalia menyampaikan Apresiasi dengan adanya kegiatan-kegiatan yang diadakan di Desa Banjaran dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Pesawaran dan HUT-RI yang mana di Desa Banjaran telah mengadakan kegiatan lomba kebersihan antar dusun. Namun disini juga kami perhatikan untuk kebersihan aliran sungai masih perlu diperhatikan lagi kedepanya. 

"Harapan kami dari mahasiswa agar kebersihan sungai yang ada di Desa Banjaran agar lebih diperhatikan lagi. Dan kami juga mempunya program untuk membantu Pemdes dalam pembuatan Peraturan Desa(Perdes) tentang kebersihan desa,"Tutup Pajar, yang diamini oleh Novalia.


(Alfi)

0/Post a Comment/Comments