Pemkot Beri Pinjaman Hingga Rp50 Juta ke Pelaku UMKM


Bandar Lampung - Dengan tujuan menumbuh kembangkan UMKM, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung memberikan pinjaman mulai dari Rp 25 hingga Rp 50 juta kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Hal itu disampaikan oleh Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana dalam pelatihan vokasional olahan makanan dan kerajinan tapis bagi UKM pemula di Bandar Lampung di Hotel Grand Praba, Kamis, 6 Juli 2023.

“Kita juga bisa menyosialisasikan pinjaman tanpa bunga terutama kepada UMKM pemula. Karena sayang kalau tidak dipakai kita sudah subsidi ke bank besar yang ada di Bandar Lampung tapi teman teman UKM tidak pakai itu sayang,” ujar Eva.

Selain itu Eva juga akan mengakomodir tempat usaha untuk pelaku UMKM yang baru merintis usahanya.

“Barusan ini kita sudah buat atau koperasi di jalan Sudirman kita ingin buat galeri tempatnya, dan gratis tempatnya,” ujarnya.

Eva berharap selain pemberian pinjaman, pelatihan yang diselenggarakan ini dapat meningkatkan kapasitas pelaku UMKM pemula di Bandar Lampung.

“Makanya buat koperasi jangan orang yang sama ikut pelatihan. Jangan cuma ngabisin uang PAD,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Riana Apriana menyebut sebanyak 50 peserta UMKM pemula yang ikut dalam pelatihan ini.

Pelatihan ini diselenggarakan selama empat hari, yakni tanggal 6 Juli sampai 9 Juli.

Ia juga menyebut tujuan pelatihan ini pun untuk meningkatkan ketrampilan dan kreativitas olahan sehingga dapat menunjang perekonomian Bandar Lampung.

“Dan juga meningkatkan kapasitas menuju kemandirian pelaku UMKM pemula,” terangnya.(*)

0/Post a Comment/Comments