Marwan Cik Asan Upayakan Kesejahteraan Warga Lampung Melalui Program Sosialisasi dan Exspo Sawit Baik Dilampung Tengah.

 


Anggota Komisi XI DPR RI Marwan Cik Asan sambangi warga di Kabupaten Lampung Tengah bersama Lembaga Kajian Strategis dan Pembangunan Pemerintah (LKSP) dalam kegiatan Sosialisasi dan Expo Sawit Baik Indonesia 2023 di Kabupaten Lampung Tengah. 


Kegiatan sosialisasi dan expo tersebut diselenggarakan di Aula Pertemuan Balai Kampung Kesunadadi, Kecamatan Bekri, Kabupaten Lampung Tengah, Kamis (27/7/2023).


Acara sosialisasi dan expo sawit baik indonesia 2023 ini di hadiri langsung oleh Direktur Keuangan, Umum, Kepatuhan Dan Manajemen Resiko dari Badan Pengelola Dana Perekebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) sekaligus sebagai pemateri yaitu Bapak Zaid Buruan Ibrahim yang mengangkat tema “Efektivitas Alokasi Penggunaan Dana Sawit”. Point-point yang disampaikan antara lain mengenai kinerja program peremajaan sawit rakyat, tantangan dan strategi percepatan PSR, alur mengenai pengajuan bantuan ke BPDPKS, kinerja program insentif biodiesel dan implementasi mengenai program sawit di Indonesia.


Dalam sambutannya Marwan Cik Asan menyampaikan hilirisasi produk kelapa sawit untuk kebangkitan ekonomi kerakyatan. 

“Harapannya tentu dengan peranan komoditas sawit di Kabupaten Lampung Tengah ini dapat meningkatkan kesejahteraan petani di Kecamatan Bekri Kabupaten Lampung Tengah”, ujarnya. 


Marwan menjelaskan bahwa sawit berpeluang besar untuk kebangkitan ekonomi petani di Kabupaten Lampung Tengah. Tak hanya itu, jumlah produk hilirisasi sawit sangat banyak mulai dari olahan makanan, bahan bakar, hingga kosmetik dan kecantikan.


Melihat luas dan banyaknya kebun sawit di Kecamatan Bekri Kabupaten Lampung Tengah, Marwan merasa kedatangannya ke Kabupaten Lampung Tengah sangat tepat untuk memberikan edukasi sawit kepada masyarakat. 


Tidak hanya menghimbau hilirisasi produk sawit tapi juga upaya untuk meremajakan sawit, seperti program replanting sawit dari badan pengelola Dana Perkebunan Sawit (BPDPKS), agar sawit yang sudah tua dapat ditanam kembali.


Marwan melihat bahwa sawit dan pruduk turunannya jika dikembangkan akan memberikan dampak positif yang sangat besar, oleh karena itu upaya untuk mensejahtekan warga berpeluang besar melalui program sawit ini.


Pemerintah juga memberikan bantuan melalui BPDPKS, adapun bantuan yang diberikan bantuan modal, bantuan bibit, bantuan sarana prasarana, bantuan riset dan penelitian. Pemberian bantuan dana bagi petani untuk program replanting, yaitu program meremajakan sawit dengan menanam kembali sawit yang sudah tua, tak hanya itu BPDPKS juga mengadakan program beasiswa bagi anak-anak petani sawit. 


Kurang lebih 190 orang warga Kabupaten Lampung Tengah berbondong menghadiri acara Sosialisasi dan Expo Sawit Baik Indonesia 2023. Acara ini berjalan lancar dan penuh antusias dari masyarakatnya.


Red.

0/Post a Comment/Comments