Tidak Transparan Realisasi Dana desa ' Kegiatan Pembangunan Jalan Onderlag Kampung Tias bangun Tanpa Papan Informasi




Lampung tengah, media berjaya.com.Milyaran rupiah dana desa terus saja bergulir dari tahun 2015 hingga saat ini,

Sehingga dana desa terus selalu menjadi sorotan utama.


Hal tersebut pemerintah kampung harus secara transparansi, akuntabel , dan sfesien dalam mengelola dana desa, jangan sampai terjerumus dan mengarah pada penyimpangan yang ber,ujung pada tindak pidana korupsi.


Untuk mencegah adanya tindakan penyimpangan yang mengarah pada korupsi , pemerintahan kampung harus secara transparan dengan cara memberikan ruang tentang keterbukaan informasi publik terhadap masyarakat terkait realisasi dana desa.


Salah satunya informasi publik dana desa yang dimaksud yakni dengan adanya pemasangan banner Anggaran pendapatan dan belanja Kampung ( APBkam ) atau lasim disebut Anggaran pendapatan belanja desa ( APBDes )

Di beberapa titik yang bisa di jangkau masyarakat .


Kemudian di setiap titik kegiatan pembangunan kampung untuk bisa dilakukan pemasangan papan informasi, yang didalamnya menjelaskan besaran anggaran kegiatan serta sumber anggaran yang digunakan.


Namun hal itu masih ada saja pemerintah kampung yang mengabaikannya , salah satunya kampung Tias bangun kecamatan pubian kabupaten Lampung tengah provinsi Lampung


Tidak sepatutnya memberikan contoh buruk terhadap kampung - kampung yang lain , seperti terlihat pada bidang kegiatan pembangunan infrastruktur kampung , 


Item pengerasan jalan Onderlagh ( Telford ) di beberapa titik lokasi kampung Tias bangun banyak masyarakat umum yang tidak mengetahui berapa besaran anggaran pada kegiatan tersebut, sebab tidak terlihat adanya pemasangan papan informasi di lapangan.


Selain itu juga disampaikan oleh salah satu media kepada media berjaya.com. ia mengatakan pembangunan jalan Onderlagh di kampung Tias bangun di duga tidak sesuai bestek yang ada


Seharusnya Pemasangan batunya memakai as tengah, dan berem pinggir kiri kanan, tulis salah satu media kepada media berjaya.com melalui pesan whatsAppbya, baru - baru ini


Menyikapi hal ini awak media berjaya.com mencoba menghubungi Slamet Ariyanto , S.Pd. selaku penanggung jawab anggaran dana desa, namun belum ada tanggapan, bahkam media ini kekantor dan kerumahnya namun sangat disayangkan kepala kampung terkesan menghindar dari media.



Penulis Mansur

0/Post a Comment/Comments