Dalam Rangka Pembinaan Kampung KB di Desa Cimanuk, Kecamatan Way Lima Sambut Ketua PKK dan Rombongan



Pesawaran (MB), - Kampung KB merupakan salah satu Inovasi strategis dalam Program kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan keluarga secara utuh dan terintegrasi, harus dikelola dan diselenggarakan oleh dan untuk Masyarakat ditingkat Desa dan Dusun dalam mewujudkan keluarga yang berkualitas. 


"Konsep Kampung KB ini memudahkan dalam memadukan lintas Program yang hendak kita capai, terutama dalam meningkatkan kualitas hidup Sumber Daya Manusia. Oleh karena itu, Saya berharap kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Pesawaran hendaknya melakukan dan melaksanakan koordinasi lintas sektor, agar tujuan pembangunan tersebut dapat tercapai."Ujar Bupati Pesawaran, Dendi ramadhona. K.S.T., M.Tr.I.P dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan.(Sunyoto) Dalam acara Pembinaan Kampung KB Terpadu dan Pembinaan Kegiatan PKK Tingkat kabupaten Pesawaran Tahun 2023. yang digelar di Desa Cimanuk Kecamatan Waylima(Jum'at,10/02/2023).


Hadir dalam kegiatan acara, Ketua beserta anggota TP PKK Kabupaten Pesawaran, para Pejabat Struktural di lingkup Pemkab Pesawaran, Camat beserta jajaran Uspika Kecamatan Waylima, Ketua TP PKK Kecamatan Waylima beserta Anggota, para Kepala desa se Kecamatan Waylima, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan para kader sekecamatan waylima.


Camat Waylima Ihsan Iskapi mengawali sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Ketua TP PKK kabupaten beserta rombongan di Kecamatan Waylima tepatnya di Desa Cimanuk.


"Selamat datang Kepada Ketua TP PKK  Kabupaten Pesawaran bersama Rombongan, yang sudah meluangkan waktunya untuk membina dan memberikan bimbingan kepada kami khususnya desa Cimanuk,"kata Camat.


Kampung KB adalah merupakan kegiatan tahunan yang pada tahun kemaren digelar di desa Sidodadi, dan saat ini di desa Cimanuk, dan alhamdulillah desa Sidodadi saat ini sudah semakin baik untuk PKK dan UMKMnya. 

"Kami berharap kepada Ketua TP PKK dan rombongan agar betul-betul membina bagaimana caranya kami di desa ini agar menjadi semakin baik. baik dibidang adminstrasi maupun bidang-bidang lainnya. Karena mau sebagus dan sehebat apapun Organisasi tanpa adanya Adminstrasi dan Dokumentasi tidak akan berarti apa-apa ,"Ujar Iskapi.


"Kami berharap, Ketua TP PKK beserta Rombongan agar betul-betul bisa memberikan bimbingan dan binaanya kepada para Kader-kader yang ada di desa karna tujuan akhirnya desa-desa kami adalah menjadi desa yang mandiri. yang tidak hanya mengandalkan satu atau dua sumber dana saja. tapi juga bisa maju dan mandiri desanya dengan banyak nya Pendapatan Asli dari desa itu sendiri melalui UMKM yang ada. Untuk itu kami berharap kecamatan Waylima jangan hanya menjadi Produsennya saja tetapi kami juga mengharapkan untuk dibidang pemasarannya. kedepannya bisa masuk kepasar-pasar yang besar karna Untuk di Waylima ada banyak UMKM. Dan saya juga berharap agar disemua desa kedepannya ada UMKMnya. "Tutup Camat.


Sementara itu, melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan Sunyoto, Bupati Dendi menyampaikan ucapan permohonan Maaf karna tidak bisa hadir ditengah-tengah Masyarakat Desa Cimanuk dan Waylima pada umumnya disaat Pembukaan Pembinaan Kampung KB di Kecamatan Waylima karena ada satu hal penting yang tidak bisa ditinggalkan, karena secara bersamaan waktunya Bupati kabupaten Pesawaran saat ini lagi menerima Penghargaan kebudayaan.


"Atas nama Pemerintahan Daerah Kabupaten Pesawaran saya menyambut baik dan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada segenap Panitia atas terselenggaranya kegiatan pada hari ini. Ucapan terima kasih juga sampaikan kepada seluruh Masyarakat Desa Cimanuk Kecamatan Waylima dan seluruh hadirin yang hadir pada hari ini dalam rangka Pembentukan dan Pembinaan Kampung Keluarga berkualitas Tahun 2023,"Kata Sunyoto.


Visi yang hendak dicapai dalam tahapan pembangunan jangka panjang Daerah Kabupaten Pesawaran adalah "Pesawaran lebih maju dan sejahtera dengan Masyarakat yang Produktif". Hal ini sangat selaras dengan Program pembinaan kampung KB terpadu yang akan kita laksanakan yaitu Pembinaan dilaksanakan secara terpadu lintas Sektor ditingkat Desa melalui Program Pembangunan keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana( Bangga Kencana) dan pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan  keluarga yang berkualita,"lanjutnya.


Sinergitas Pembangunan baik secara fisik maupun non-fisik seperti Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan hidup, Ekomomi dan Sosial budaya harus kita padukan dengan terus meningkatkan Sosialisasi, Komunikasi dan edukasi kepada Masyarakat agar visi dan misi Kabupaten Pesawaran dapat terwujud.


"Untuk itu, saya berharap kepada seluruh Elemen terkait untuk terus meningkatkan kinerja di Lapangan agar Generasi  kita kedepan menjadi Generasi Berencana, Cerdas dan Berakhlak mulia, sehingga Keluarga Mandiri, Makmur dan Sejahtera dapat terwujud di Kabupaten Pesawaran," Tutup Dendi dalam Sambutan tertulisnya.


Dilain sisi, Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran, Nanda Indira Dendi. S.E.,M.M dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kampung KB(Keluarga Berkualitas) merupakan satuan wilayah setingkat desa, dimana terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensinya guna meningkatkan kualitas sumber daya Manusia.


"Dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber daya Manusia dan memberdayakan serta memperkuat institusi keluarga melalui optimalisasi penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas di setiap desa, maka diharapkan dapat dibentuk dan dikembangkan Kampung Keluarga Berkualitas, baik secara kuantitas di setiap desa maupun secara kualitas, dengan semakin bertambahnya klasifikasi Kampung Keluarga Berkualitas pada tingkat mandiri berkelanjutan,"Kata Nanda.


Lanjutnya. Hal itu selaras dengan Intruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berencana Berkualitas mendukung keterlibatan lintas sektor di kampung Keluarga Berkualitas dengan mensinergikan Program dan kegiatan dari Kementrian/Lembaga berbasis desa. Salah satu strategi penyelenggaraan Kampung Berkualitas adalah penintegrasian program pembangunan Sumber Daya Manusia berbasis Keluarga."jelasnya.


Ditambahkan olehnya. PKK sebagai Organisasi Kemasyarakatan yang memberdayakan Wanita untuk berpartisipasi dalam Pembangunan, mempunyai tugas membantu Pemerintah dalam pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan Keluarga. 

"Melalui 10 program Pokok kerjanya, PKK telah banyak  berperan dalam pembangunan keluarga dan Masyarakat, mulai dari tingkat Dasawisma, Rukun tetangga, Dusun, Desa sampai ketingkat Nasional,"Imbuhnya.


Terakhir Nanda juga menyampaikan harapannya  kepada kepala desa agar dapat memprioritaskan Program  percepatan penurunan stunting dengan dukungan Dana desa.


"Dalam rangka pemenuhan gizi bagi Remaja calon pengantin, ibu hamil, ibu nifas Anak Baduta dan Anak Balita. Saya juga berharap kepada Tim Penggerak PKK desa agar mengoptimalkan kegiatan tentang pola asuh terhadap anak dan pemberian asupan makanan bergizi. dan kepada para Kepala desa agar dapat memprioritaskan Program percepatan penurunan stunting dengan dukungan dana desa. "Tutup Nanda.


Kepala desa Cimanuk, Khairullah. saat diwawancarai oleh Para Pewarta mengatakan,atas nama Kepala desa mengucapkan terima kasih kepada Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran Beserta Rombongan yang sudah memberikan Pembinaan kepada para Kader-kader disemua bidang. Semoga apa yang didapat oleh para Kader bisa bermanfaat untuk desa kami kedepannya. 

"Saya mewakili masyarakat desa Cimanuk mengucapkan rasa terima kasih atas segala bentuk perhatian dari Ketua TP PKK yang telah memberikan bantuan-bantuan kepada kami.Semoga dengan adanya kegiatan hari ini, kedepannya desa cimanuk bisa meningkat dibidang Keluarga Berencanya dan bidang PKK serta Bidang-bidang lainya.Untuk mengenai Stunting di desa kami,saat ini memang ada   kurang lebih ada 4 orang,"Tutup Kades.

(Alfi)

0/Post a Comment/Comments