Way Kanan (MB),- STAI Al-Ma`Arif Way Kanan Lampung yaitu  satu dari sekian Kampus PTA Islam Swasta di Nusantara yang berbentuk Sekolah Tinggi yang dinaungi oleh Kementerian Agama dan tercantum kedalam kopertis wilayah Ditjen Pendidikan Islam. Kampus ini telah jadi sedari tahun 10 Juni 2010 dengan Nomor SK PT Dj.I/352/2010 dan Tanggal SK PT 10 Juni 2010 , Sekolah Tinggi ini berlokasi di Jl. Veteran Bhakti Negara No. 03 Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan Lampung.


Setelah dilakukan Visitasi untuk peralihan dari Sekolah Tinggi untuk menjadi Institut beberapa waktu yang lalu, dan akhirnya Kemeterian Agama Republik Indonesia mengeluarkan keputusan Nomor 1337 tahun 2022 menjadi tonggak sejarah bagi STAI Al-Ma’arif Way Kanan yang kini menyandang nama baru menjadi Institut Al-Maarif Way Kanan, proses perjalanan alih status yang penuh tantangan tidak menyurutkan seluruh komponen untuk membulatkan tekad dan optimisme menuju perubahan yang lebih baik.


Wakidi S.Pd, M.M.Pd yang sebelumnya sebagai Ketua STAI Almaarif kini menyandang sebagai Rektor Institut Al Maarif Way Kanan mengatakan dirinya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh civitas akademik yang sudah membantu dan mengembangkan Kampus ini.


” Saya ucapkan terima kasih kepada rekan rekan civitas akademik yang sudah membantu dalam mengembangkan Kampus ini,Semoga Institut Al-maarif Way Kanan kedepan dapat berkontribusi pada pembangunan sumber daya insani yang berkualitas dan berkarakter,Aamiin yaa robbal a'lamiin,”Katanya.(R.saputra)