Wabup Ardian Saputra : Jangan Buang Sampah Sembarangan



Lampung Utara (MB), - Wakil Bupati Lampung Utara, Ardian Saputra meninjau pasar tradisional Semuli Jaya, Kecamatan Abung Semuli, Rabu, (14/12/2022) 


Pantauan di lapangan, keadaan pasar semuli dalam kondisi yang kurang dirawat dan tokonya banyak mengalami kerusakan dibagian plafon. Sesekali aroma tidak sedap terasa ketika menghirup udara, ternyata banyak tumpukan sampah pedagang dan warga sekitar di belakang pasar. 


Wabup Lampura, Ardian Saputra mengatakan dirinya akan mengintruksikan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk membersihkan tumpukan sampah. Sebab, sampah yang dibuang pedagang dan warga sekitar sudah menutupi bahu jalan sehingga mengganggu aktivitas masyarakat setempat. 


"Saya meminta kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, karena itu bukan lokasi tempat pembuangan sampah melainkan itu akses jalan penghubung,"ucapnya.


Dijelaskan, dalam waktu dekat DLH akan membersihkan tumbukan sampah tersebut sehingga pasar Semuli Jaya bisa terlihat bersih, aman dan nyaman. Dan kedepan masyarakat tidak perlu membuang sampah di daerah ini, nanti pihaknya akan menyiapkan armada untuk mengangkut sampah rumah tangga. 


"Kalau pasar Semuli Jaya bersih, maka aktivitas perdagangan akan berjalan dengan baik dan lancar, apalagi pasar satu satunya yang ada disini,"harapnya.


Tomi Suciadi Kepala DLH Lampura, menyampaikan bahwa pihaknya akan menurunkan armada dan bergotong- royong dengan warga sekitar untuk membersihkan tumpukan sampah. Selain itu, warga tidak perlu membuang sampah sembarang tempat. Sebab, pihaknya akan menyiapkan armada untuk mengangkut sampah rumah tangga dan pedagang. 


"Saya meminta kekompakan kepada masyarakat Desa Semuli Jaya agar tidak membuang sampah sembarangan. Kita akan menyiapkan armada untuk mengangkut sampah sehingga kedepan lingkungan menjadi bersih dan udara jadi sejuk kembali," tuturnya. 


Leni Kepala Desa Semuli Jaya mengatakan tumpukan sampah disini bukan hanya pedagang melainkan juga sampah masyarakat dilingkungan sekitar. Tumpukan sampah ini, menimbulkan dampak yang kurang baik dan terkesan pasar terlihat kumuh dan berbau amis. 


"Kami meminta kepada Pemkab Lampura memberikan solusi terbaik dan pemahaman kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarang. Apalagi disini bukan tempat pembuangan sampah melainkan jalan penghubung. Warga terkadang merasa risih ketika lewat disini akibat bau tak sedap dari tumpukan sampah," ucapnya. (*)

0/Post a Comment/Comments