Bupati Pesawaran Hadiri Semarak Way Ratai Sekaligus Peresmian Bumdesma Saung Singgah

 


Pesawaran (MB),- Dengan berbagai potensi yang dimiliki Kecamatan Way Ratai, khususnya bidang pertanian dan perkebunan, adalah modal utama dalam menggerakan roda perekenomian secara mandiri. Ditambah lagi dengan adanya Saung Singgah BUMDESMA Barokah Way Ratai yang pada hari ini diresmikan, tentu akan menjadi nilai lebih dalam mempromosikan destinasi yang ada. Hal itu dikatakan oleh Bupati Pesawaran. H. Dendi Ramadhona saat menghadiri Giat Acara Semarak Way ratai ke 11 Tahun sekaligus Pembagian Beras Premium dan pemberian bantuan Pekarangan Pangan Lestari untuk Kelompok Wanita Tani(KWT) Se Kecamatan Way Ratai.(11/12/2022).


Diketahui, Pemerintah Kecamatan Way Ratai melalui seluruh desa yang ada di Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran, Pada hari Sabtu dan Minggu telah melaksanakan giat acara Semarak Way ratai ke 11 dengan Tema PESONA BUMI WAY RATAI dan sekalugus meresmikan dengan telah di dirikannya  suatu badan usaha milik bersama oleh para Kepala desa Se Kecamatan Way Ratai.


Hadir dalam giat acara, Bupati Kabupaten Pesawaran, Komandan BRIGIP 4 MARINIR BS, Ketua DPRD Kabupaten Pesawaran beserta Anggota, Forkopimda Kabupaten Pesawaran, Organisasi Perangkat Daerah(OPD) Kabupaten Pesawaran, Camat Se Kabupaten Pesawaran, Usfika Kecamatan Padang Cermin, Ketua Apdesi Se kabupaten Pesawaran, Seluruh Ketua Organisasi dan Lembaga Se Kabupaten Pesawaran, UPT Se Kecamatan Way Ratai, Kepala desa Se Kecamatan Way Ratai, dan segenap tamu undangan lainnya.


Di katakan oleh Bupati, Pemerintah Kabupaten Pesawaran terus berupaya mewujudkan Pesawaran Sebagai Bumi Wisata 2025. Salah satunya melalui program One Village One Destination (Satu Desa Satu Destinasi) yang diyakini sebagai motor penggerak untuk memunculkan destinasi yang ada, baik yang sifatnya alami maupun buatan. Kecamatan Way Ratai dengan berbagai potensi yang dimiliki khususnya bidang pertanian dan perkebunan, adalah modal utama dalam menggerakan roda perekenomian secara mandiri. Ditambah lagi dengan adanya Saung Singgah BUMDESMA Barokah Way Ratai yang pada hari ini diresmikan, tentu akan menjadi nilai lebih dalam mempromosikan destinasi yang ada di Kecamatan Way Ratai.


"Saya berharap seluruh desa di wilayah Kecamatan Way Ratai punya produk lokal yang merupakan potensi yang dapat dikembangkan, namun tentunya harus diiringi dengan rasa kebersamaan, saling bahu membahu bersama seluruh masyarakat demi kemajuan desanya. Begitu pula dengan desa-desa yang lain di Kabupaten Pesawaran, semua harus bergerak, semua harus membangun untuk mewujudkan Kabupaten Pesawaran yang maju, makmur dan sejahtera,"Kata Bupati.


Masih kata Bupati Dendi, kedatangan kami kesini juga untuk menyalurkan Bantuan Beras Premium yang nantinya akan dibagikan kepada Masyarakat,selain itu kita juga akan menyerahkan bantuan Pekarangan pangan Lestari(P2L) kepada para Kelompok Wanita Tani(KWT) yang ada di Kecamatan Way Ratai, dan khusus untuk Saung Singgah BUMDESMA sebagai Apresiasi kita berikan bantuan tambahan dana sebesar Dua Puluh Lima Juta Rupiah.


Sementara itu, Ketua Apdesi Kabupaten Pesawaran Suranto selaku penanggung jawab dan Ketua Pelaksana Kegiatan saat diwawancarai oleh Awak Media mengatakan,bahwa ini adalah festival kecamatan Way Ratai, dan sekaligus peresmian Saung Singgah Bumdesma Kecamatan Way Ratai, yang didukung oleh semua Elemen Lembaga dan Komunitas yang ada di Kecamatan Way ratai, dan untuk pendanaan ditopang oleh semua desa yang ada di kecamatan Way Ratai.


Ditambahkan , Salah satu konsep usaha Bumdesma adalah unit usaha dibidang Pariwisata,  sebagai pusat informasi wisata yang ada di kecamatan Way ratai, yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada Wisatawan-wisatawan untuk masuk ketempat wisata yang akan dituju.

"Selain itu Bumdesma juga menjadi Galeri tempat pemasaran bagi para Pelaku UMKM, dimana Bumdesma ini menjadi tempat Penampung hasil UMKM yang ada di Kecamatan Way ratai, karena selama ini banyak para Pelaku UMKM terkendala oleh Pemasaran, Insya Allah dengan adanya Bumdesma dan Saung Singgah ini akan menjadi jawaban semua itu,"Tutup Suranto.


(Alfi)

0/Post a Comment/Comments