Metro - Walikota Metro Wahdi Siradjuddin menghadiri Rakor Pengendalian Inflasi di Daerah secara zoom meeting, di Guest House Rumah Dinas Walikota, Senin (31-10-2022).


Pada kesempatan tersebut, Menteri dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memaparkan seputar Inflansi tahun kalender September 2022 yang tercatat sebesar 4,84 persen. Untuk itu, pemerintah jangan lepas tangan. Siagakan sederet kebijakan untuk meredam inflasi agar tidak semakin lebih buruk ke depannya.



Pada kegiatan yang sama, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa (Disjas) BPS, Setianto menjelaskan seputar metodologi konsep dan definisi, cakupan dan sumber data serta terkait indeks perkembangan harga provinsi penyumbang kenaikan harga komoditas pangan di seluruh provinsi bervariasi, dimana sampai dengan minggu ke-4 oktober, minyak goreng menjadi komoditas yang menyumbang kenaikan harga di 318 Kab/Kota.


“Untuk cluster wilayah perkembangan harga yakni 10 Kab/Kota dengan IPH (kenaikan harga tertinggj) yaitu Maluku Utara, Kalimantan Tengah, Maluku, Papua, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Kepulauan Riau dan Jawa tengah. Dalam laporan tersebut juga telah dijelaskan bahwa indeks disparitas harga antar wilayah dibagi menjadi tiga kategori yaitu paling rendah, moderat dan paling tinggi dibanding rata-rata Nasional, untuk 20 komoditas bahan pangan terpilih, ” paparnya.


Sementara, Walikota Metro merasa bangga karena Kota Metro masuk dalam deretan angka 10 daerah tertinggi serta 20 kota presentase realisasi belanja terbesar dalam presentase realisasi belanja APBD kota se-Indonesia tahun 2022 dengan rincian 70,20 % yang di dapat melalui data pemutakhiran laporan 51 Pemkot per 28 oktober 2022, pukul 18.00 WIB diolah oleh Ditjen Bina Keuangan 2022.


“Saya meminta peran serta Bulog dalam hal ini agar tetap harus waspada dalam hal pangan, dan keikutsertaan program metro bangga beli (MB2) supaya dapat mendukung dengan memperhatikan beberapa komoditi bahan pangan dengan mengendalikan lonjakan harga sampai dengan Nataru (Natal dan tahun baru) yang akan datang, guna tetap ada keterjangkauan harga dan tidak menimbulkan inflansi, saya juga meminta bantuan TNI dan Polri untuk terus mengawal dan menindak lanjutiny, namun sebagai catatan tolong diperhatikan disesuaikan dengan karakter Kota Metro sehingga cadangan makanan bisa menstabilisasi harga,” pintanya. (ADVETORIAL)