Rumah Tergenang Akibat Banjir , Warga Tidur Di Tenda Darurat Selama Tiga Malam

 

PESAWARAN (MB) - Sudah tiga malam warga masyarakat Rawa Kijing Desa Sindang Garut Kecamatan Way Lima tidur di tenda yang di dirikan diatas tanggul. Pasalnya, rumah warga tersebut tidak bisa di tempati karena  terendam banjir. 


"Pokoknya selama air belum surut dan untuk mengantisipasi terjadinya banjir susulan maka saya akan terus tidur di tenda ini, sebab dirumah saya tidak bisa di tempati karena masih digenangi air," ucap Pak Pujianto warga dusun 12 rawa kijing.Rabu,26 Oktober 2022.


Kemudian Pujianto mengatakan lagi, dirinya hawatir jika sudah malam hari tiba, sebab selain cuacanya yang dingin juga banyak nyamuk dan tidak ada penerangan lampu yang memadai.


"Kalau malam sudah jelas saya kedinginan tidur di area terbuka kayak gini, untuk penerangan sengaja tidak menghidupkan listrik karena kabel listriknya terendam banjir, Jadi selama tiga hari ini kami memasak di tanggul ini," Ujarnya.


Lanjutnya lagi Pujianto mengatakan, untungnya dalam peristiwa musibah banjir bandang ini barang-barang yang berharga miliknya masih bisa selamatkan ke tempat yang lebih tinggi. 


"Baju dan barang lainnya masih didalam rumah namun barang yang berharga sudah diamankan dilokasi yang tinggi, terkait masalah banjir  ini diakibatkan ada tanggul jebol sebelumnya banjir tidak seperti ini besarnya," kata Pujianto lagi.  


Sementara itu Kepala Desa sindang Garut Kasio menghimbau warganya agar selalu mengantisipasi dan waspada, kemudian juga Kades menyampaikan supaya warga menjaga kesehatannya. 


"Untuk warga saya yang terdampak banjir supaya berhati-hati, disamping itupula jangan lupa menjaga kesehatan badan. Dan minumlah air mineral yang sudah disediakan bantuan oleh pemda ataupun air yang bersumber dari sumur bor," imbau Kasio.  


Lanjutnya lagi Kasio mengingatkan warganya untuk memperhatikan anak-anaknya agar tidak bulak balik kelokasi banjir yang genangannya cukup dalem, hal ini dikatakannya  untuk menghindari dari hal-hal yang tidak di inginkan.


"Bagi warga yang mendirikan tenda di tanggul maupun yang tidak meninggalkan rumah supaya menjaga harta bendanya. Selain itu, jika ada imformasi atau banjir susulan segera koordinasi atau melapor ke aparat desa setempat," Imbaunya. 


Kemudian Kepala Desa tiga preode ini juga mengucapkan terima kasih pada Pemda Pesawaran yang sudah memberikan bantuan, adapun bantuan itu berupa pengobatan dari Dinas Kesehatan Way Lima maupun bantuan lainnya. 


"Alhamdulillah, saya ucapkan terima kasih mudah - mudahan  dengan adanya bantuan tersebut semoga bermanfaat bagi warga saya yang terkena musibah banjir di Rawa Kijing. Selanjutnya saya juga mengucapkan terima kasih pada Camat Way Lima, Polsek Kedondong, Danramil Kedondong yang sudah mengantarkan bantuan sakaligus berkunjung melihat kondisi di rawa kijing," tutupnya.


Alfi.

0/Post a Comment/Comments