Bupati Tanggamus Hadiri Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa


Tanggamus (MB), --Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani SE Menghadiri Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa Ke-115 KODIM 0424 Tanggamus Tahun 2022 Dengan Tema " TMMD Dedikasinya Terbaik Membangun NKRI ". Di Lapangan Sepak Bola Pekon Air Naningan. Selasa 11/10/2022. 


Hadir juga dalam kegiatan, Komandan Resort Militer Brigjen Ruslan Efendi diwakili Kepala Staf resort militer (Kasrem) 043 Garuda Hitam Kolonel Inf Prasetyo, Dandim 0424 Tanggamus Letkol Arm. Micha Arruan, Wakil Bupati Tanggamus Hi.AM Syafii, Forkopimda, Para Asisten, Para OPD, Camat Air Naningan, Uspika Kecamatan, Ketua Fkppi, Para Kepala Pekon, Ketua TPkk kecamatan, Para personil Kodim 0424, Unsur Pers dan para peserta upacara kegiatan TMMD ke 115 Kodim 0424 Tanggamus.


Bupati Tanggamus dalam sambutan nya, Kami atas nama pemerintah Kabupaten Tanggamus dan masyarakat Sinarjawa khususnya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Dandim dan seluruh personil Kodim 0424/Tanggamus yang akan melaksanakan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-115 di Pekon Sinarjawa Kecamatan Air Naningan.


Kita semua berharap akan banyak hasil serta manfaat dari pelaksanaan kegiatan TMMD antara lain, dengan dibukanya akses jalan maka akan menunjang ekonomi masyarakat, mobilitas lebih mudah dan lancar bagi masyarakat Sinarjawa khususnya di Dusun batu, Dusun Talang Ogan Dusun, Talang Curug dan Dusun Sindang Bunga

dan sekitarnya, muaranya kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat menuju terwujudnya pekon maju mandiri.


Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan kegiatan operasional sebagai wujud bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu oleh satuan jajaran TNI bersama Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pekon bersama masyarakat atas inisiatif sendiri dan atas permintaan yang dilaksanakan secara rutin sesuai kemampuan satuan dalam rangka membantu kesulitan masyarakat di sekitar wilayah satuan Kodim 0424/Tanggamus, untuk memperkokoh kemanunggalan TNI - Rakyat.


Lanjut Bupati, pemerintah kabupaten Tanggamus tidak dapat menjalankan semua program-program pembangunan pelayanan dengan baik kepada masyarakat tanpa adanya dukungan daripada seluruh unsur yang ada khususnya di kabupaten tanggamus oleh karnalannya dengan kegiatan TMMD ini menjadi salah satu bukti konflik dan nyata bahwa TNI selalu hadir di tengah tengah masyarakat dan TNI menjadi bagian yang siap untuk berkolaborasi dan juga manunggal bersama rakyat.


Situasi yang ada saat ini di masyarakat tentunya menjadi tanggung jawab kita untuk ke depan program ini akan tetap dilaksanakan dan dijalankan bersama, bagaimana kita bisa mewujudkan dalam menciptakan kondisi kita di kabupaten tanahmu tentu tidak akan mungkin bisa berjalan, bila hanya satu pihak atau hanya beberapa pihak saja yang dapat berkomitmen dan menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, tetapi ini menjadi tanggung jawab kita semua dan salah satu bukti yang telah ditunjukkan kepada warga masyarakat dengan dilaksanakannya TMMD pada tahun 2022 ini demikian juga dengan karya-karya yang telah dilaksanakan beberapa tahun yang lalu dan Insyaallah dengan adanya kemajuan antara TNI dan rakyat Indonesia akan menjadi bangsa yang kuat negara yang maju dan Insyaallah di tengah situasi pandemik Covid19 yang sebetulnya juga ini belum berakhir tahun 2022 ini Indonesia akan pulih lebih cepat dan bangkit lebih.


Dalam pembukaan tersebut di lakukan penyematan oleh Bupati Tanggamus kepada TNI dan pembagian sembako kepada masyarakat serta melakukan peninjauan langsung ke lokasi pelebaran jalan bersama Forkopimda.


Dandim 0424 Tanggamus Letkol Arm. Micha Arruan dalam laporannya:

Sasaran Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 yang dilaksanakan saat ini adalah Bidang Fisik dan Non Fisik, adapun sasaran fisik bertujuan untuk:

Meningkatkan sarana dan prasarana wilayah, fasilitas sosial dan fasilitas umum lainnya.

Meningkatkan akses jalan di Pekon Sinarjawa khususnya di Dusun Batu Saeng, Dusun Talang Ogan, Dusun Talang Curup dan Dusun Sindang Bunga.


Sedangkan dalam bidang Non Fisik bertujuan untuk:

Terwujudnya pemahaman tentang wawasan kebangsaan;

Terwujudnya pemahaman tentang bela negara;

Terwujudnya kemanunggalan antara TNI dengan Rakyat baik secara emosional dan institusional;

Terwujudnya pemahaman tentang pencegahan stunting;

Terwujudnya pemahaman tentang mitigasi bencana; 

Terwujudnya pemahaman tentang cara mendidik anak secara baik dan benar;

Terwujudnya pemahaman tentang kesehatan;

Meningkatkan pengetahuan dalam Bidang Pertanian dan Perkebunan;

Meningkatkan iman dan taqwa serta terpeliharanya kerukunan antar umat beragama.


Sasaran fisik yang dilaksanakan dalam kegiatan TMMD KE-155, antara lain yaitu :

Normalisasi badan jalan dengan ukuran panjang 2.465 Meter dan lebar 6 Meter;

Perkerasan badan jalan dengan onderlaagh sepanjang 481,25 Meter dengan lebar 3,5 Meter;

Pekerjaan gorong-gorong plat type 1 m x 5 m, sebanyak 2 (dua) unit;

Pekerjaan gorong-gorong buis beton diameter 60 cm, @ panjang 5 meter, sebanyak 6 (enam) unit.

Pekerjaan pasangan talud type I panjang 117 m. 6. Pekerjaan pasangan talud type II panjang 15 meter.


Sedangkan kegiatan non fisik yang didukung oleh OPD teknis antara lain :

Pelayanan Administrasi Kependudukan;

Pelayanan Kesehatan/Pengobatan gratis, Sunatan Massal dan Pelayanan KB;

Bantuan kursi roda dan alat bantu pendengaran;

Bantuan Sarana/Peralatan Olah Raga;

Bantuan ATK untuk siswa kurang mampu;

Pemberian vitamin dan obat cacing untuk hewan ternak.

Bantuan bibit tanaman keras/buah buahan.

0/Post a Comment/Comments