Pemkab Tanggamus Laksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih HUT RI Ke-77



Tanggamus (MB), - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT-RI) ke 77, Pemerintah Kabupaten Tanggamus melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Lapangan Upacara Pemkab Tanggamus, Rabu (17/8/2022).

IMG-20220817-WA0207
Upacara peringatan HUT RI tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yakni hanya diikuti oleh Forkopimda dan pejabat terkait, dengan menerapkan protokol kesehatan. 


Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, dengan Komandan Upacara Letda. Kav. Mahroi dari Kodim 0424, dan Perwira Upacara Kapten. Inf. Juliani Abri yang juga Danramil Talang Padang.

Adapun petugas pengibar bendera dari Paskibraka Kabupaten Tanggamus, yakni; Tasya Devia putri sebagai pembawa bendera, asal sekolah SMAN 1 talang Padang, lalu Nofri Dwisa Handika sebagai pembentang bendera, asal sekolah SMAN 1 semak dan M. Ghani Khoiri, asal sekolah SMAN 1 kota agung sebagai penggerek bendera.


Hadir dalam upacara tersebut, Wakil Bupati Hi. AM. Syafii, Forkopimda Kabupaten Tanggamus , serta Pimpinan Instansi Vertikal. Sementara Sekdakab Hamid H Lubis, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, Ketua TP PKK, Ketua DWP, Camat, serta Pimpinan BUMD, Ormas dan Organisasi Keagamaan.


Usai upacara, menyaksikan pertunjukan seni tari Reok dan dramben atas bimbingan polres Tanggamus dan dilakukan juga penyerahan secara simbolis remisi kepada para warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II.B Kotaagung, yang diterima oleh Kalapas Kelas II.B Kotaagung, Beni Nurahman. 


*Ziarah Makam Pahlawan*



Prosesi ziarah diawali dengan Upacara Penghormatan kepada para Pahlawan, yang dipimpin oleh Dandim 0424 Tanggamus  Letkol Arm Micha Arruan, S.E.,M.M yang dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga di Tugu Pahlawan dan tabur bunga di makam para Pahlawan.


Usai ziarah taman makam pahlawan Bupati Tanggamus Dewi Handajani mengatakan dalam ranggka memperingati HUT RI ke 77 yang bertemakan "Pulih lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat"di harapkan seluruh elemen masyarakat tanggamus agar lebih meningkatkan rasa cinta kepada tanah air, serta memperkokoh jiwa persatuan dan kesatuan demi Indonesia yang lebih maju.



Bupati juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mencegah dan mengendalikan penyebaran virus Covid 19, dengan terus disiplin protokol kesehatan.


* Mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi*


Masih dalam rangkaian Peringatan HUT RI ke 77, Bupati dan Forkopimda Kabupaten Tanggamus mengikuti secara virtual, Upacara Peringatan Detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dari Ruang Rapat Utama Kantor Bupati Tanggamus.



Kegiatan ini juga diikuti Sekdakab, para Kepala OPD, Camat, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ketua Darma Wanita Persatuan, Pimpinan BUMD, Ormas, dan Organisasi Keagamaan di Kabupaten Tanggamus, secara virtual meeting dari ruang kerjanya masing-masing.


Dalam kegiatan ini, selain para peserta mengikuti Peringatan Detik-detik Proklamasi, juga mengambil sikap sempurna ditempatnya masing-masing saat pengibaran Sang Saka Merah Putih dilakukan. 


Usai kegiatan, Bupati menyerahkan tali asih kepada Legiun Veteran Kabupaten Tanggamus, sebagai salah satu bentuk kepedulian dan apresiasi atas perjuangan para veteran di masa merebut kemerdekaan dahulu.(**)

0/Post a Comment/Comments