Meriahkan Dirgahayu Kabupaten Pesawaran ke_15 Tahun. Desa Kota Jawa Gelar Lomba Nasi Tumpeng Antar Dusun.


Pesawaran (M9G) -
Meriahkan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Pesawaran yang ke 15. Desa Kota Jawa menggelar Lomba Nasi tumpeng antar Dusun. Gelaran acara tersebut mengusung tema "15 tahun Pesawaran Helau, Bumi Wisata Sejuta Pesona" 


Diketahui hadir saat acara itu, unsur usfika Kecamatan Way Khilau, tim penilai lomba dari Kecamatan,  Bhabinkamtibmas, Koramil, BPD dan seluruh perangkat desa setempat.


Kepala Desa Kota Jawa Hi. Kusnadi S.Pd mengatakan, kegiatan lomba Nasi tumpeng ini adalah salah satu dari rangkaian perayaan Hut Pesawaran yang diadakan di tingkat desa. 


"Hari ini di Kecamatan Way Khilau ada lima Desa yang sedang memeriahkan hari jadi Bumi Andan Jejama., adapun Desa yang mengadakan lomba yaitu Desa Kota Jawa, Desa Gunungsari, Desa Tanjung Rejo, Desa Kubu Batu dan Desa Mada Jaya" ujar Bendahara Apdesi Kecamatan Way Khilau ini saat dii temui di Balai Desa setempat usai acara, Rabu (13/7/2022)


Lanjutnya, Kusnadi juga menjelaskan, selain memupuk rasa kebersamaan dan kekompakan antar warga dengan RT dan juga  pada Kadusnya. Kegiatan inipula bisa  dijadikan sebagai motivasi untuk ibu-ibu belajar membuat nasi tumpeng yang  baik. 


"Jadi dalam acara ini, selain sebagai ajang silaturrahmi dan agar terjalin terus hubungan yang baik serta kebersamaan yang semakin  kompak, bahkan acara ini bisa juga dijadikan perekat kerukunan sesama warga' ucap Pria 3 orang anak ini. 


Tak hanya itu, Kepala .Desa.yang ramah, murah senyum dan berhati mulia ini juga mengobarkan api semangat juang pada warganya yang mengikuti lomba agar mendapat nilai yang  bagus hingga keluar sebagai juara. 


"Mungkin lomba ini terlihat sederhana, namun sangat bermakna sekali tujuannya, karna tidak semua ibu-ibu di Desa Kota Jawa ini bisa membuat nasi tumpeng dengan baik. Apa lagi katagori dalam perlombaan ini sudah jelas aturannya. Sebab tim penilai  melihat dari kerapihan, kekompakan, penampilan, rasa dan kelengkapan penghias nasi tumpeng" jelasnya. 


Hal senada di tambahkan oleh Wakil Ketua Badan Permusyawarahan Desa (BPD) Riyadi Jaya Murni, ia menilai kegiatan lomba nasi tumpeng sangat bagus diadakan. Apa lagi katanya, animo antusias warga yang melihat gelaran lomba sangat ramai memadati Balai Desa. 


"Jujur hari ini saya bangga melihat kekompakan warga dusun 1 sampai dusun 9 yang secara bersama-sama membuat nasi tumpeng. Ini menunjukan bawa warga masyarakat kota jawa betul-betul telah tertanam dihatinya rasa peduli dan kecintaannya pada Bumi Andan Jejama" ujar wakil Ketua BPD yang juga merupakan tokoh adat termuda di Kecamatan Way Khilau ini yang bergelar

Dalom Sangunsyah. 


Di penghujung penyampaian nya, Dalom Sangunsyah  sangat mendukung penuh setiap kegiatan desa terlebih kegiatan tersebut untuk memajukan desa setempat. Selain itu pula dirinya berharap pada peserta lomba yang keluar sebagai juara tidak berbesar hati dan bagi ibu-ibu yang belum mendapat predikat juara supaya terus belajar membuat nasi tumpeng .


 "Ya tadi sudah kita ketahui dan sudah disampaikan oleh tim penilai bahwa dusun 1 menjadi  juara ke 2 sedangkan juara 1 di raih oleh dusun 2, sementara  juara ke 3 di menangkan oleh dusun 7. tutupnya.


Penuls : Alfi/Rls

0/Post a Comment/Comments